Cara Sembuhkan Anemia Akut

anemia

Cara Sembuhkan Anemia Akut –  Hallo teman sehat, gimana kabar kalian semua? nah, kali ini saya akan membagikan tips dan cara menyebutkan penyakit anemia akut , anemia akut merupakan salah satu gangguan darah atau yang biasa disebut dengan kekurangan sel darah merah. Perlu teman sehat semua ketahui bahwa hal ini terjadi karena teman sehat kekurangan asupan zat gizi yaitu paling sering zat besi atau sering mengeluarkan darah. Nah disini akan saya bahas tuntas cara mengatasinya. Berikut :

Cara Mengatasi Anemia Dengan Makanan Yang Bergizi

1. Konsumsi Telur

Jika anda terserang penyakit anemia, bahan pertama yang haus anda konsumsi dan baik untuk tubuh serta dapat pula dijadikan sebagai obat anemia karena telur memiliki andungan protein yang tinggi. Kandungan protein inilah yang berfungsi untuk membantu memproduksi aritrosit atau sel darah merah sehingga tak ada lagi anemia.

Anda hanya perlu mengkonsumsi rebusan telur secara rutin,namun jangan berlebihan, karena konsumsi telur secara berlebihan juga berdampak butuk bagi tubuh anda. Selain mengkonsumsi telur rebus, untuk hasil yang lebih maksimal anda juga disarankan untuk mengkonsumsi air hasil rebusan telur tadi, namun air yang dipakai untuk merebus telur ini harus air yang bersih.

2. Konsumsi Daging Merah

Daging merah yang dimaksud disini ialah daging yang dalam kondisi mentah berwarna merah seperti contoh daging sapi, daging ikan tuna karena jenis daging – dagingan ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan sangat efektif dikonsumsi anda pengidap anemia. Selain kandungan zat besi dalam daging tersebut, kandungan lainnnya yang terkandung dalam daging merah adalah tinggginya protein yang bermanfaat untuk memacu produksi hemoglobin dalam darah.

Selain daging sapi, anda juga disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing, sifatnya yang tinggi akan protein memiliki manfaat yang sama dengan daging sapi, dengan kelebihan dapatnya daging kambing membantu memperbaiki eritrosit atau sel darah merah yang rusak.

Berhubung daging kambing, daging sapi, dan daging ikan tuna itu mahal, dan jika bermasalah dengan keuangan anda bila dipaksakan untuk mengkonsumsi daging tersebut. Jangan khawatir, anda bisa konsumsi seafood sebagai alternatifnya. Makanann laut juga tinggi akan kandungan yang bermanfaat seperti kayanya vitamin B12 yang dapat membantu memperbaiki eritrosit atu sel darah merah anda yang rusak.

3. Konsumsi Sayuran Hijau

Cara yang ke tiga yang dapat teman sehat lakukan untuk mengabati atau mengatasi terserangnya anemia adalah dengan cara anda perlu banyak – banyaklah konsumsi sayuran hijau. Rekomendasi untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau ini di dasarkan pada tingginya kandungan zat besi dalam sayuran hijau yang bermanfaat untuk membantu peroses pembentukan aritrosit atau sel darah merah.

Sayur yang dianjurkan untuk rutin dikonsumsi ialah sayur bayam, seledri, kol, kangkung. Sebenarnya, semua sayuran sangat danjurkan untuk dikonsumsi hanya saja daftar sayuran diatas sudah dikenal sebagai sayuran yang sangat bermanfaat untuk sembuhkan anemia atau darah rendah yang anda idap.

Jika anda bingung kapan anda harus konsumsi sayur tanpa makan yang berlebih, inilah jawabannya anda tidak pelu makan sayuran selain dalam porsi makan hanya saja anda cukup mengaplikasikannya ke dalam porsi makanan setiap waktunya, maksudnya anda perlu menambahkan daftar sayur hijau yang siap dikonsumsi dalam setiap menu makanan anda. Anda tidak perlu konsumsi sayur secara berlebihan yang dapat menyebabkan anda merasa kekenyangan dan menyebabkan perut anda terasa begah.

4. Konsumsi Kacang – Kacangan

Tumbuhan apapun yang masik dalam kategori tumbuhan kacang – kacangan memang sudah dikenal untuk mengobati anemia secara ampuh. Dari sekian banyak jenis kacang – kacangan, yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat anda mengidap penyakit anemia adalah kacang almond.

Kenapa kacang almond? Karena tingginya kandungan zat besi dalam kacang almond sangat berguna bagi penderita anemia yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak – banyak konsumsi kacang almond dapat berujung pada lancarnya airan darah dalam tubuh dan anemia dapat terobati.

Jika anda kesulitan untuk mendapatkan kacang almond, kacang tanah dapat digunakan sebagai alternatifnya. Hanya saja, proses penyembuhan antara kacang almond dengan kacang tanah sangat berbeda mengingat bahwa kandungan kacang almond lebih tinggi daripada semua kandungan yang terdapat dalam kacang tanah.

5. Konsumsi buah – buahan

Buah – buahan yang sangat dianjurkan dalam proses penyembuhan anemia adalah apel, semangka, anggur, dan buah olahan seperti kismis.

Jenis buah – buahan diatas sangat dianjurkan karena tingginya nutrisi dalam buah yang dapat mengobati anemia.

6. Khusus Ibu Hamil

Jika saat ini anda tengah dalam kondisi mengandung, maka anda salah satu dari banyak orang yang rentan terkena kurangnya sel darah merah dalam tubuh atau yang biasa disebut anemia.

Anda perlu memperhatikan pola hidup anda, perhatikan juga cakupan gizi yang masuk dalam tubuh anda. Konsumsi lah makanan yang memliki kandungan zat besi yang tinggi, selain itu anda juga harus rutin memperiksakan kondisi kandungan anda pada dokter yang dipercaya, dan jika perlu anda harus banyak – banyak konsumsi asam folat serta tablet tambah darah untuk suplemen tambahan yang berguna untuk menghindarkan anda dai anemia.

Itulah tadi beberapa tips dan juga cara untuk mengatasi anemia yang hanya dengan melakukan makanan yang bergizi seperti contoh diatas tadi. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk teman sehat semua.