Bahaya Terlalu Lama Waktu Tidur

susah-tidur

Bahayanya Terlalu Lama Waktu Untuk Tidur – Hallo teman sehat gimana kabar kalian semua? Nah kali ini saya akan membagikan informasi tentang bahayanya sering tidur terlalu lama atau terlalu sering. Perlu teman sehat semua ketahui bahwa tidur merupakan aktivitas yang alamiah dialami individu, nah bukan hanya sebagai kebutuhan teman sehat semua tetapi juga merupakan sesuatu kebiasaan dan juga telah menjadi pola hidup teman sehat semua. Kemudian perlu juga teman sehat ketahui bahwa manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya untuk melakukan kegiatan tidur. Pada umumnya, faktor kelelahan yang terjadi adalah yang paling sering membuat manusia ingin selalu tidur. Dengan tidur di malam hari adalah suatu kebiasaan sekaligus kebutuhan teman sehat semua. Nah lantas, apa saja yang terjadi pada tubuh teman sehat semua jika tidur terlalusering atau banyak? Akan dibahas hal-hal apa yang akan terjadi akibat terlalu sering dan banyak tidur. Berikut :

Bahayanya Terlalu Lama Waktu Untuk Tidur

 

1. Obesitas dan Penaikan Berat Badan

Orang yang terbiasa tidur dengan waktu yang lama serta sering dilakukan beresiko terkena obesitas serta akan menaikkan berat badan anda. Oleh karena itu jika anda tidak ingin berat badan anda memuncak tidurlah dengan waktu yang wajar dan dirasa cukup jangan terlalu berlebih namun jangan juga terlalu kurang.

2. Meningkatkan tingkat Despresi seseorang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan seorang peneliti mengungkapan bahwa orang yang tidur dengan waktu yang normal dalam semalam memiliki 27 % gejala terkena depresi, dan orang yang tidur lebih dari batas normal dalam semalam lebih besar memiliki gejala terkena depresi yatu sebesar 49 %. Maka dari itu, tidurlah senormal waktu mungkin agar anda tidak terkena depresi.

3. Menyebabkan Kematian Mendadak

Orang yang memiliki tidur terlalu banyak atau terlalu sering memiliki peningkatan resiko kematian dari pada orang yang memiliki tidur dengan waktu yang normal. Suatu penelitian mengungkapkan bahawa resiko seseorang mengalami kematian secara mendadak ialah sebesar 1 , 3 kali lipat lebih besar dari pada sewajarnya. Oleh karena itu lindungi waktu tidur anda, karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan kondisi tubuh anda.

4. Merusak Sistem Kerja Otak

Orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan frekuensi kekurangan atau kelebihan sama – sama beresiko rusaknya sistem kerja otak, padahal otak adalah orang yang paling penting dalam tubuh yang mengontrol semua kerja organ lain. Jika otak anda bermasalah apakah organ yang lain akan bekerja sebagaimana mestinya ? Tentunya tidak. Oleh sebab itu, pandai – pandailah mengatur waktu tidur anda, karena terlalu lebih ataupun terlalu kurang akan beresiko langsung pada keadaan sistem kerja otak manusia. Perubahan sistem kerja otak ini rata – rata terllihat ketika anda telah lanjut usia, mereka menujujkan suatu perubahan pada sistem kerja otak yang setara dengan terjadinya penuaan selama 2 hingga 3 tahun.

5. Sulit Mendapatkan Keturunan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Korea yang menganalisis sekitar 600 wanita yang sedang mengalami fertilisasi vitro. Mereka mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki tingkat peluang kehamilan tertinggi ialah mereka yang memiliki masa tidur yang normal dan sebaliknya dari itu wanita yang memiliki waktu tidur lebih lama atau lebih sedikit dari batas normal, mereka memiliki peluang kehamilan yang kecil.

6. Mudah Mengalami Sakit Kepala

Anda tak ingin aktifitas keseharian anda terganggu karena adanya sakit kepala bukan ? Memang sakit kepala yang datang pada saat kita sedang melakukan aktivitas keseharian akan membuat hari serasa suram aktifitas tidak lagi dijalani seperti biasa, karena takut adanya sakit yang berlebih atau lebih parah jika dipaksakan untuk tetap melakukan suatu aktifitas. Hal ini terjadi tentunya karena suatu pola hidup anda yang salah, coba ingat – ingat pola hidup apa yang salah namun masih anda lakukan ? Mungkin karena suatu makanan ataupun kurang olahraga, dan atau bisa juga karena anda kurang pandai dalam menata waktu tidur anda. Tidur yang terlalu lama akan menyebabkan datangnya sakit kepala secara mendadak. Disarankan untuk tidur dengan waktu yang normal untuk mengantisipasi timbulnya sakit kepala saat anda sedang melakuka suatu aktifitas keseharian.

7. Mudah Mengalami Nyeri Punggung

Kebisaan tidur yang terlalu lama tidak hanya menyebabkan sakitnya kepala anda seperti yang telah dijelaskan diatas, namun juga dapat membuat punggung anda tiba – tiba terasa nyeri atau bahkan sering terjadi. Hal ini diakibatkan banyak nya frekuensi waktu tidur serta posisi tidru saat anda tidur.

8. Mudah Terserang Diabetes

Tahukah anda akan diabetes ? Ya penyakit yang mematikan ini sudah banyak diderita manusia dari kurun waktu yang telah lama. Banyak orang mengenal bahwa diabetes hanya disebabkan karena konsumsi gula yang tak terkontrol, namun sebuah penelitian yang diadakan di Quebec telah menjelaskan bahwa terlalu lama waktu anda tidur juga menjadi kebiasaan salah anda yang dapat menimbulkan terserangnya diabetes tipe – 2. Diabetes ini biasanya juga diartikan sebagai gangguan toleransi glukosa selama periode enam tahun.

9. Teridapnya Penyakit Jantung

Terdapat penelitian tentang tidur yang dijelaskan pada saat diadakannya pertemuan American College of Cardiology pada tahun 2012 ternyata lamanya frekuensi tidur dapat terkait dengan peningkatan masalah yang dapat menyerang jantung. Tidur yang lebih panjang memiliki peluang 2 kali lipat lebih besar terkena penyaki masalah jantung serta 1 , 1 kali lipat lebih besar untuk terkena penyakit arteri koroner dari pada mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

Nah itulah macam macam dampak yang terjadi keteman sehat jika terlalu sering tidur. Jika teman sehat semua lelah atau capek teman sehat semua juga harus bisa membagi waktu untuk istirahat, karena jika berlebihan akan berdampak buruk seperti contoh diatas tadi. Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan juga membantu teman sehat semua.