Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Kaleng Bagi Kesehatan

soda2

Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Kaleng Bagi Kesehatan –  Hallo teman sehat, gimana kabar kalian semua? nah kali ini saya akan membagikan atau memberikan tips dan juga informasi bahayanya mengkonsumsi minuman kaleng, minuman kaleng sering kali diabaikan oleh masyarakat karena mereka menyukai cita rasa yang manis dan mampu menghilangkan dahaga serta efek menenangkan, minuman kaleng merupakan dampak buruk yang diakibatkan karena terlalu sering mengkonsumsi secara tidak wajar, dan kurangnya perhatian terhadap higienis atau tidaknya kaleng dalam kemasan. Nah langsung saja kita bahas apa saja bahaya dari mengkonsumsi minuman kaleng ini, Berikut :

1. Terserang Diabetes

Bahayanya terlalu banyak mengkonsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan – kemasan berpengawet dan berpemanis buatan adalah terserangnya tubuh akan penyakit diabetes. Tingginya kandungan fruktosa dan glukosa yang terdapat dalam minuman kemasan ini adalah faktor utama yang menyebabkan tubuh terserang diabetes atau meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Jadi minimalisir lah kebiasaan konsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan berpemanis buatan agar kadar gula darah dalam tubuh tetap dalam keadaan normal.

2. Kurangnya Kadar Cairan dalam Tubuh ( Dehidrasi )

Kondisi kurangnya kadar cairan yang terdapat dalam tubuh menyebabkan tubuh cepat merasa lelah dan lesu. Kondisi ini bisa juga datang karena kebiasaan anda mengkonsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan berperisa, berpengawet, serta berpemanis buatan secara berlebihan yang dibarengi dengan kurangnya konsumsi air putih. Kayanya kandungan karbonasi pada minuman kaleng yang menyeabkan minuman kaleng berdampak buruk bagi kesehatan bila terlalu banyak mengkonsumsinya. Minuman susu yang dipercaya sehat untuk kesehatan pun jika memiliki kandungan karbonasi di dalamnya pasti akan menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi atau keadaan kurangnya cairan yang berada di dalam tubuh.

3. Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Berat badan merupakan sesuatu yang harus dijaga keseimbangannya agar tidak terlalu kurang dan sebaiknya juga tidak terlalu berlebihan untuk mencegah obesitas. Penyebab kenaikan berat badan secara drastis yang menyebabkan obesitas adalah kurangnya tubuh anda dalam melakukan olahraga serta kebiasaan mengkonsumsi makanan serta minuman yang tidak sehat seperti minuman kaleng atau minuman berkemasan yang mengandung pengawet, perisa, dan pemanis buatan. Bahaya konsumsi minuman kaleng yang satu ini juga disebabkan oleh kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi dalam minuman kaleng yang dapat menghambat proses pembakaran kalori pada tubuh, sehingga lemak akan semakin menumpuk dan berat badan lebih sulit untuk di kontrol. Padahal dengan konsumsi pemanis alami pun jika terlalu banyak dikonsumsi beresiko menaikkan berat apalagi dengan konsumsi pemanis dari bahan sintetis atau buatan pastinya resiko untuk terserang diabetes akan lebih besar dari resiko terkena obesitas yang normal.

4. Terserang Penyakit Masalah Hati

Konsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan yang memiliki kandungan glukosa yang berlebih akan bekerja menyerang hati karena cara kerja serta sifat hati yang sensitif terhadap nutrisi bahan – bahan pangan yang masuk ke dalam tubuh, kondisi ini akan menyebabkan hati terinfeksi dan terkena iritasi hingga organ hati akan mengalami peradangan secara serius yang menyebabkan hati anda akan terserang liver. Dengan terinfeksi dan teriritasi nya organ hati akan berdampak buruk pada cara kerja tubuh dalam mempertahankan metabolisme yang stabil.

5. Terganggunya Sistem Kerja Pencernaan

Baiknya sistem kerja pencernaan tergantung pada enzim yang terkandung dalam setiap organ yang memiliki fungsi untuk memproses makanan untuk dicerna. Namun jika enzim ini terganggu maka akan terganggu pula sistem proses pencernaan anda. Kondisi ini dibilang berbahaya bila menyerang tubuh dan ini adalah salah satu dampak buruk dari kebiasaan terlalu banyak mengkonsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan. Enzim yang bekerja pada proses pencernaan ini akan terkena iritasi karena kandungan dalam minuman kaleng yang menyebabkan sistem kerja proses pencernaan akan terhambat dan melambat. Dengan demikian tubuh akan merespon dengan cepatnya mengalami ketidaknyaman.

6. Tingginya Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Semua zat yang terdapat dalam minuman kaleng atau minuman kemasan yang mengandung terbilang sedikit nutrisi bermanfaat karena kebanyakan adalah zat – zat yang sintetis dan berbahaya untuk tubuh jika terlalu banyak mengkonsumsinya. Sebagai contoh besarnya adalah terjadinya peningkatan kadar trigliserida yang terdapat pada seluruh jaringan dalam tubuh dan akan mengakibatkan penurunan kadar kolesterol baik yang terdapat dalam tubuh sehingga akan menyebabkan penumpukan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Kondisi ini akan berakbiat buruk bagi tubuh yaitu dapat menyebabkan tubuh anda terserang stroke ringan bahkan stroke yang berat sekalipun.

7. Tumbuhkan Sel Kanker dalam Tubuh

Minuman kaleng atau minuman kemasan yang banyak memiliki kandungan bahan sintetis jika dikonsumsi dalam kadar yang banyak dan dengan jangka waktu yang rutin serta kurangnya konsumsi air putih atau air mineral akan merusak beberapa dari banyaknya sel yang ada dalam tubuh sehingg akan menyebabkan berubahnya sel dalam DNA. Kondisi ini jika dibiarkan dan penggunaan minuman kaleng yang tak terhenti akan menyebabkan tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Jenis minuman yang beresiko tinggi menumbuhkan sel kanker dalma tubuh adalah minuman bersoda. Namun jika konsumsinya masih dalam kadar yang normal dan jangka waktu yang tidak terlalu rutin juga tidak terlalu berbahaya bagi tubuh.

8. Terganggunya Sistem Kerja Organ Jantung

Konsumsi minuman kaleng atau minuman kemasan dengan kada yang sangat tinggi semisal 6 – 10 kaleng dalam satu harinya dan dikonsumsi rutin seperti setiap harinya serta konsumsi dalam jangka panjang akan menyebabkan terganggunya sistem kerja jantung, normalnya sistem kerja jantung adalah berdenyut dengan teratur dan kecepatan yang normal, namun lain dengan kondisi ini, kandungan zat yang terdapat dalam minuman kaleng akan menyebabkan organ jantung menjadi panas serasa terbakar, dan dengan demikian jantung akan beralih fungsi menjadi cepat denyutnya serta denyut yang tidak teratur.

 

Itulah tadi 8 bahaya mengkonsumsi minuman kaleng bagi kesehatan tubuh, minuman kaleng memang sangat nikmat dinikmati dalam kondisi haus. Banyaknya varian rasa serta kemasan praktis membuat masyarakat lupa akan bahaya dari minuman kaleng yang akan dirasakan kemudian hari.