Bahaya Banyak Konsumsi Teh

Bahaya Banyak Konsumsi Teh

Bahaya Banyak Konsumsi Teh – Haii teman sehat, kali ini sedang dalam keadaaan sehat kann? Taukah apa saja yang biasanya menjadi teman sarapan saat pagi ? Pastinya teh tidak akan keluar dari list minuman yang sering dikonsumsi saat pagi hari, sebenarnya kapanpun waktunya memang cocok untuk mengkonsumsi teh. Seberapa sering kah teman sehat dalam mengkonsumsi teh dalam satu harinya ? Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi teh, namun jangan salah teh juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika teman sehat mengkonsumsinya secara berlebihan. Mau tau apa saja bahayanya dari konsumsi teh ? Nahh kali ini saya akan bagikan sejumlah informasi tentang berbagai bahayannya konsumsi teh untuk kesehatan tubuh. Berikut :

1. Dehidrasi atau Kurang Cairan Dalam Tubuh

Batas maksimal konsumsi teh setiap harinya ialah 7 gelas, itupun sudah sangat maksimal dari kadar sewajarnya. Jika anda terlalu banyak dan terlalu sering konsumsi teh melebihi batas yang sewajarnya ini akan sangat berbahaya untuk tubuh anda karena akan menyebabkan berkurangnya kadar cairan yang ada dalam tubuh kita karena adanya suatu senyawa yang terkandung dalam teh yang bersifat mengikat dan menyerap cairan dalam tubuh, akibatnya jika anda sudah terkena dehidrasi maka anda akan merasa cepat kelelahan dalam melakukan semua kegiatan.

2. Memperparah Penyakit Diare

Jika anda sedang terjangkit diare, saya sarankan untuk tidak mengkonsumsi teh secara berlebihan, konsumsilah secara wajar sesuai batas yang dianjurkan saja, karena terlalu banyak konsumsi teh pada saat anda terjangkit diare akan memperparah diare anda dan akan memperburuk kondisi tubuh teman sehat sekalian. Hal ini disebabkan karena semua senyawa yang ada dalam teh dapat meningkatkan volume air pada jaringan pencernaan dan saluran anus yang menyebabkan fases yang keluar akan terus – menerus akan berupa cairan sehingga memicu sulit diobatinya penyakit diare.

3. Menurunnya Kualitas ASI

Ibu yang sedang mempunyai anak kecil dan sedang dalam kondisi menyusui sangat dilarang mengkonsumsi teh selama program menyusui masih berlangsung karena banyaknya teh yang dikonsumsi akan menurunkan kualitas susu ibu, air susu ibu yang telah terkontaminasi aroma dan senyawa yang terdapat dalam teh dapat menyebabkan ASI berasa hambar dan menyebabkan bayi tidak mau menyusu ibu lagi.

4. Berubahnya Warna Gigi

Kebiasaan meminum teh yang telah lama akan berdampak pada perubahan warna gigi dari warna normal putih tulang menjadi warna gigi yang kekuninngan. Hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan kafein dalam teh yang mampu masuk ke dalam rongga – rongga gigi setelah itu kafein akan melekat pada lapisan email gigi yang selanjutnya menyebabkan perubahan warna gigi menjadi keruh cenderung kekuningan, sehingga dapat mengurangi kepercayaan diri anda.

5. Terjangkitnya Anemia

Anemia ataupun yang biasa disebut dengan kondisi tubuh yang mengalami angka rendahnya eritrosit atau darah rendah, ini merupakan salah satu penyakit yang dapat timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi teh secara tidak wajar. Banyaknya konsumsi teh dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan zat besi serta vitamin yang masuk dalam tubuh akibat terkandungnya asam tanat feros pada teh.

6. Terganggunya Janin yang Tengah Dikandung

Seorang ibu yang tengah hamil sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi teh, mengingat bahayanya konsumsi teh yang berlebihan pada ibu hamil yaitu akan mengganggu kesehatan sang janin. Zat yang terkandung dalam teh dapat memicu penegangan serta kontraksi rahim yang akan terjadi berulang – ulang yang akan berakibat bayi lahir secara premateur atau bayi yang lahir pada waktu belum seharusnya bayi dilahirkan.

7. Terserang Penyakit Jantung

Konsumsi teh banyak – banyak yang dilakukan oleh penderita penyakit jantung akan lebih beresiko lebih mudah terjangkit serangan jantung karena terjadinya penyumbatan pembuluh arteri jantung sehingga dapat menyebabkan tidak beraturannya denyut jantung anda yang akan menyebabkan terjadinya serangan jantung secara mendadak.

8. Menyebabkan Penyakit Alzheimer Osteofluorosis

Konsumsi teh dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak sehingga dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit pikun atau yang biasa disebut dengan istilah alzheimer osteoflourosis, dimana seseorang yang telah terjangkit penyakit ini akan mengalami keterlambatan berfikir, kesulitan kemampuan untuk mengolah suatu informasi yang diterimanya, serta yang paling inti adalah kesulitan untuk mengingat atau orang ini akan mempunyai ingatan jangka pendek yang akan melupakan segala sesuatu yang telah lama terjadi.

9. Penyakit Gangguan Lambung

Senyawa kafein yang terdapat dalam teh tidak akan pernah bisa berinteraksi secara alami dengan asam lambung yang terdapat pada sistem perncernaan manusia, sehingga hal ini akan berakibat pada meningkatnya kadar asam lambung pada tubuh serta akan menyebabkan rasa nyeri pada perut yang menyebabkan rasa ketidak nyamanan.

10. Merusaknya Sistem Jaringan Hati

Segala zat dan senyawa yang terkandung dalam teh akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah seputar liver yang akan menimbulkan iritasi serta juga dapat penyumbatan aliran darah menuju hati, akibat dari ini semua organ hat akan mengalami tersumbatnya airan darah yang akan menuju ke hati. Hal ini akan menganggu sistem kerja jaringan hati.

11. Terhambatnya Penyerapan Nutrisi dalam Tubuh

Hal ini bukannya sangat tidak diinginkan ya teman sehat? Apalagi untuk anak kecil yang sedang mengalami masa – masa pertumbuhan. Alangkah baiknya jika anak yang masih kecil dan sedang dalam proses perkembangan tidak diberikan asupan teh yang terlalu banyak terlebih dahulu, karena tingginya kandungan senyawa kafein dan polifenol yang terdapat dalam teh akan menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita, tak terkecuali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia.

Itulah macam – macam bahaya yang didapatkan tubuh jika banyak konsumsi teh. Maka dari itu, pintar – pintarlah membatasi kadar teh yang dikonsumsi setiap harinya supaya teman sehat terhindar dari bahaya diatas. Semoga bermanfaat.